Perbandingan Kuas dengan Roll


Post : 2015-12-29 11:16:13. Kategori :   News article_kuas_roll.jpg

Kegiatan pengecatan adalah hal yang sangat menyenangkan, karena memberi kesan tersendiri ketika kita menuangkan warna pada tembok kita. Dalam proses pengecatan sendiri, dikenal beberapa alat bantu pengecatan, seperti kuas, roll, dan spray. Akan tetapi, kuas spray umumnya digunakan untuk medium yang lebih kecil seperti besi, helm, atau meja. Sedangkan untuk tembok yang paling umum digunakan adalah kuas dan roll. Diantara kuas biasa dan roll, alat yang mana yang sebaiknya dipakai untuk memberi hasil yang lebih baik? Ternyata kuas biasa dan roll memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti berikut ini:

  1. Dari Segi Penggunaan. Kuas biasa menggunakan cat dengan jumlah yang jauh lebih sedikit daripada roll. Dalam hal ini, menggunakan roll lebih boros 40% daripada menggunakan kuas biasa.
  2. Dari Segi Hasil Akhir. Kuas biasa memberikan hasil yang halus. Akan tetapi, bila dilihat dari dekat akan terlihat motif garis tipis yang terbentuk dari jejak kuas. Sedangkan roll juga memberikan hasil yang tidak jauh berbeda. Hanya saja, bila dilihat dari dekat akan terlihat seperti motif kulit jeruk.
  3. Dari Segi Waktu Pengecatan. Mengecat menggunakan kuas biasa sudah jelas jauh lebih lama, karena ketika kuas dicelupkan ke dalam cat, kuas tersebut tidak mampu menyimpan warna yang cukup banyak. Berbeda dengan roll yang mampu menyimpan warna yang cukup banyak, sehingga lebih cepat selesai.
  4. Dari Segi Jangkauan. Kuas biasa sangat mungkin menjangkau sudut-sudut ruangan, karena ukurannya yang kecil. Berbeda dengan roll yang sangat tidak mungkin menjangkau sudut-sudut ruangan.
  5. Dari Segi Cipratan yang Dihasilkan. Kuas biasa tidak terlalu memberikan banyak cipratan, tidak seperti roll yang memberi cukup banyak cipratan.

Setelah melihat perbandingan ini, kita bisa melihat kalau kuas masih lebih unggul dalam hal banyaknya penggunaan, jangkauan, dan sedikitnya cipratan. Akan tetapi, kuas memiliki kelemahan fatal yaitu waktu pengecatan yang jauh lebih lama. Karena itu, akan jauh lebih baik bila kita menggunakan kedua alat ini dalam satu proyek. Roll digunakan untuk mengecat bagian yang luas supaya menghemat waktu, dan kuas digunakan untuk mengisi bagian-bagian kosong di sudut-sudut ruangan. Supaya hasilnya lebih indah, pastikan arah pengecatan kuas dan roll tetap sama, supaya tidak ada bagian yang tidak rata karena penggunaan 2 alat yang berbeda ini. Semoga artikel ini berguna untuk menambah wawasan kita tentang kuas dan roll.


Artikel Populer